BOROBUDUR

Pelataran Candi Borobudur
Borobudur merupakan candi Budha di abad ke 9.Di dirikan oleh penganut Budha pada mangsa pemerintahan Syailendra.Yang terletak di kab.magelang perbatasan antara provinsi Jawa Tengah dan provinsi DIY.
Candi Borobudur ini terdiri atas enam teras berbentuk bujur sangkar yeng diatasnya terdapat tiga pelataran melingkar, pada dindingnya dihiasi kurang lebih dengan 2.672 panel relief dan aslinya terdapat 504 patung arca Budha.Stupa terbesar terdapat di tengah paling atas sekaligus memahkotai candi ini.
didalamnya terdapat arca buddha tengah duduk bersila dalam posisi teratai sempurna dengan mudra(sikap tangan) Dharmachakra mudra (memutar roda dharma).
Borobudur telah mengalami serangkaian upaya penyelamatan dan pemugaran.kebetulan waktu saya ke borubudur sedang ada nya pemugaran candi di bagian paling atas.
Untuk masuk ke candi kita mengeluarkan uang sebesar Rp.60.000.Dan kita wajib memakai kain batik saat kita masuk ke candi tersebut.Kain batik sudah di sediakan oleh pengelola candi gratis,tapi jangan di bawa pulang ya,kalau kita sudah meninggal kan pelataran candi.

Disekitar candi juga terdapat aneka hasil kerajiana tangan beraneka ragam jenis yang di jual.Itulah pengalamn saya tentang Candi Borobudur di kota Magelang bersama teman-teman.kalau ada waktu main ke Borodurur gan...sayang kalau kita belum kesana ke candi terbesar di negri ini






Comments

Popular posts from this blog

AMBON - MALUKU

10 HOTEL DI NATUNA

LUBUK LINGGAU