SABANG PULAU WEH

 Saya berkesempatan mengunjungi kota sabang kota paling barat di indonesia.
ibarat pepatah bilang sambil berenang minum air,sambil bekerja sekalian jalan jalan.
ya kota sabang kota paling barat di indonesia.sebenar nya masih ada pulau yang paling barat selain kota sabang yaitu pulau rondo.pulau rondo masih termasuk kebagian kabupaten sabang.sabang berada di koordinat 5 53 39" LU dan 95 19 9" BT
 Sebenar nya sabang itu nama kota nya dan weh itu nama pulau nya,jadi pulau weh beribukota sabang dan pulau rondo masuk kabupaten sabang masuk bagian dari aceh.
untuk pulau rondo sendiri tidak berpenghuni di sana hanya ada penjaga TNI yang 3 bulan sekali bergantian untuk menjaga.pulau rondo dari sabang kurang lebih 2 jam jika di tempuh dengan kapal TNI atau kapal motor.rondo dalam bahasa jawa yaitu janda.apa dulu di pulau tersebut di temukan janda....belum ada yang bisa membuktikan.

 Di kota sabang saya kurang lebih sekitar 1 minggu.kota sabang kota yang kecil mungkin kita keliling dengan sepeda motor 1.5 jam sudah keliling pulau sabang.
ada 2 jalur alternatif menuju sabang melalui jalur laut dan pesawat.
melewati jalur laut kita bisa melewati pelabuhan Ulee lheue(pasti salah salah eja nya)di banda aceh menuju pelabuhan balohan.ada 2 alternatif penyeberangan bisa dengan kapal cepat  dan kapal lambat atau fery.kapal cepat dapat kita tempuh sekitar 45 menit dengan tarif 100  rb pada waktu itu.sedang dengan kapal lambat atau fery jarak tempuh sekitar 2 jam dengan harga ticket pada waktu itu 35 rb.dalam satu hari penyebrangan hanya 2 kali yaitu pagi sekitar jam 08.00.siang sekitar jam 14.00 itu pun juga tergantung dengan cuca.

 Alternatif satu lagi bisa dengan pesawat.ya sekarang sudah ada pesawat ke sabang.dengan penerbangan dari medan bandara (kuala namu) - sabang.ada pesawat wings dan garuda indonesia harga sekiatar 800.000 rb untuk wings dan garuda sekitar 1.100.000 jt.dengan waktu tempuh sekitar 1 jam.
Jadwal pesawat dalam seminggu hanya 3 kali penerbangan.kalau tidak salah senin,rabu dan sabtu.

Ada beberapa destinasi wisata di sabang,apa bila anda pecinta snorkeling di sabang ini lah tempat  nya.Destinasi wisata sabang antara lain

1. Pantai Iboih  
Pantai Iboih terletak di kelurahan iboih.pantai yang salah satu pantai populer di kota sabang.karena pantai iboih tempat para pecinta snorkeling,diving.pantai yang air lautnya jernih biru dan berpasir putih.banyak wisatawan lokal maupun mancanegara datang ke pantai iboih.
anda akan di manjakan dengan kecantikan pantai iboih dan akan betah berlama lama,untuk penginapan anda jangan khawatir di sekitar nya pantai iboih terdapat banyak tempat peristirahatan cottage,hotel dan guest house.saya hampir setiap hari melewai pantai ini selama di sabang,kebetulan pekerjaan saya melewati pantai iboih dan sebelum tugu nol kilo meter.
Pantai Iboih






















2.Pantai Sumur Tiga 
pantai ini juga salah satu spot untuk snorkeling,pantai berpasir putih dengan garis pantai paling panjang di bandingkan dengan pantai pantai lainya.pantai sumur tiga terletak di kecamatan sukmajaya.
Pantai Sumur Tiga

3. Danau Aneuk Laot Danau aneuk laot merupakan danau air tawar,aneuk laot dalam bahasa aceh anak laut.terletak di kelurahan sukakarya.danau aneuk laot memiliki pemandangan indah nan sejuk banyak pepohonan yang tumbuh di sekitaran danau.

4.Pantai Anoi Itam 
Apabila pantai itu terkenal dengan pasir putih nya berbeda dengan pantai anoi itam,di karenakan pantai anoi itam berpasir hitam jadi beda dengan pantai pada umum nya.Anoi itam dalam bahasa aceh pasir hitam.
pantai anoi itam bertempa di kelurahan sukajaya.air laut nya yang biru dilihat dari kejauhan dan jernih.

5.Air Terjun Pria Laot
Sabang juga memiliki air terjun.biarpun menurut saya air terjun nya tidak terlalu tinggi.tapi tidak salah nya anda juga menyempatkan datang ke air terjun pria laot ini.
cuma keberadaanya ada di tengah hutan biarpun tidak sulit untuk menuju ke lokasi air terjun pria laot

6.Tugu Nol Kilometer
Tugu nol kilometer merupakan tugu penanda nol nya indonesia bagian barat.atau titik nol nya indonesia bagian barat.biarpun masih ada pulau yang paling barat yaitu pulau rondo.
menurut cerita titik nol nya indonesia bagian barat itu ya di pulau rondo,di sana juga ada tugu penanda wilayah indonesia bagian barat.berhubung pulau rondo masih bagian kota sabang dan di pulau rondo tidak berpenghuni makan di buat juga tugu nol kilo meter di sabang.jadi tugu nol kilo meter nya yang asli di pulau rondo ya pembaca.
Menurut orang orang di sana,ada yang bilang belum ke kota sabang atau ke tempat paling barat indonesia kalau belum ke tugu nol kilo meter.berarti saya salah satu nya dari sekian orang yang ke ujung barat indonesia.
Tugu Nol Kilometer

Di kota sabang saya paling suka kalau di malam hari nongkrong nya di warung kopi.banyak puluhan warung kopi di pulau sabang sama hal nya di kota banda aceh.
murah,enak,mantap  pokoknya.modal 10 rb kita bisa menikmati kopi selama berjam jam di warung kopi plus wifi.kalu kalian tidak malu ya sobat.
Mungkin itu sekelumit cerita yang bisa saya bagikan kepada sobat pembaca semua semoga bermanfaat berguna dan dapat untuk referenci apabila ada yang akan mengunjungi kota sabang.kota atau pulau paling barat di indonesia.

 

Comments

Popular posts from this blog

AMBON - MALUKU

10 HOTEL DI NATUNA

LUBUK LINGGAU